RSS Feed
Kategori
Produk Terbaru
Produk Laris

Kalung quantum pendant, harga murah Rp 110.000

Danshen plus Obat Jantung & Stroke, 15 menit bisa jalan

Danshen Plus Capsule Telah dikonsumsi lebih dari 1 0 0 Juta orang di seluruh Dunia . Telah menyelamatkan banyak nyawa, serta telah dipakai di lebih dari 10.000 Rumah Sakit di seluruh dunia


 

Counter

Check Google Page Rank

Welcome
image

www.ProdukMurah.net


Tempatnya produk murah, grosir murah dan barang murah, dengan harga murah anda bisa jual lagi.

Buku Ekonomi Al-Ghazali, Pemikiran Al-Ghazali, Konsep Ekonomi Islam Dalam Ihya Ulum Al-Din

image

Judul Buku : Ekonomi Al-Ghazali, Menelusuri Konsep Ekonomi Islam Dalam Ihya’ Ulum Al-Din
Penulis : Abdurrahman, M.E.I 
Penerbit : Bina Ilmu, Surabaya
Cetakan : I, 2010
Tebal : 358 hal.
Harga : 55.000,- 


Komentar Tokoh:


Buku Ekonomi al-Ghazali: Menelusuri Konsep Ekonomi Islam dalam Ihya Ulum al-Din, sebagai hasil telaah saudara ABDUR ROHMAN, M.E.I.. Kiranya patut untuk dibaca bagi oleh semua kalangan, terlebih bagi yang tertarik pada bidang kajian pemikiran ekonomi Islam, mahasiswa ekonomi ,  dosen mata kuliah ekonomi Islam, bahkan para Kiyahi dan pondok pesantren yang selama ini mengkaji al-Ghazali pada wilayah tashawwuf-nya saja.

(Prof. Dr. KH. Sjechul Hadi Permono,SH,M.A : Pengurus Pusat Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia ( IAEI)


Sugguh luar biasa, kalau selama ini al-Ghazali lebih dikenal sebagai tokoh sufi, ternyata Abdurrahman sanggup memperkenalkannya sebagai pakar ekonomi Islam.

Sungguh luar biasa, kalau selama ini kitab Ihya' Ulum al-Din lebih dikenal  sebagai kitab ritual spriritual, ternyata Abdurrahman mampu mengungkapnya sebagai "kitab ekonomi islam"
Sungguh jerih payah Abdurrahman ini amat layak dibaca, bahkan dijadikan rujukan abadi ekonomi Islam yang saat ini sedang marak dikembangkan..

(Prof. DR. Amhad Zahro,MA. Direktur Pascasarjana IAIN Sunan Ampel  dan Dewan Pengawas Syariah Bank Jatim)

Sejumlah karya al-Ghazali telah menghiasi perpustakaan dunia  dan menjadi referensi para ilmuan dalam meniti hikmah dan pengembangan ilmu pengetahuan. Terlebih karya monumental Ihya Ulum al-Din, yang memiliki pengaruh tidak hanya terbatas pada kalangan dunia Islam, namun telah merambah dunia Barat. Bahkan menjadi kajian serius dunia Barat pada abad ke 13 M, seperti yang pernah dilakukan oleh St. Thomas Aquinas, Dominikan Raymon Martin yang disinyalir banyak mengadopsi pemikiran al-Ghazali   di bidang ekonomi. Di Indonesia kitab Ihya’ Ulum al-Din,  digunakan hampir seluruh Pondok Pesantren dan perpustakaan Perguruan Tinggi Islam. Bahkan di lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah  kitab terebut dijadikan moment tersendiri sebagai ukuran keberhasilan santri, tidak dikatakan santri kalau belum belajar/mengaji Ihya Ulum al-Din

Kajian  terhadap pemikiran ekonomi al-Ghazali ini terbilang penting. Hal ini bukan  dikarenakan masih sangat langkanya kajian pemikiran al-Ghazali, kajian tentang pemikiran al-Ghazali tidak terhitung jumlahnya baik dikalangan muslim maupun non muslim, rata-rata mereka memposisikan al-Ghazali  sebagai tokoh  Filosof, Tasauf, Teolog dan ahli Fiqh. Namun yang menjadikan penelitian ini menarik dan penting adalah penelitian ini dikosentrasikan pada kajian pemikiran Ekonomi al-Ghazali, bahkan mungkin penelitian ini adalah penelitian pertama kalinya.
Tujuan utama dari buku “Ekonomi al-Ghazali menelusuri Konsep Ekonomi Islam dalam Ihya’ Ulum al-Din” adalah ingin mengkaji konsep ekonomi al-Ghazali dalam Ihya’ Ulum al-Din dan memantapkan relevansi dari konsepnya itu, dimasa sekarang. Sehingga dapat dijadikan  model ekonomi al-Ghazali tersendiri.
Kajian ini membuktikan betapa bermanfaat-nya pandangannya bagi para ahli ekonomi secara umum. Khususnya bagi para mahasiswa, yang akan mengkaji sistem ekonomi Islam. Kajian ini benar-benar sangat membantu kita untuk memahami bagaimana seorang ilmuan muslim yang sangat berlian dimasa lalu, menggarap isu-isu ekonomi, seperti Pentingnya Ilmu ekonomi al-Ghazali, falsafah ekonomi, kebutuhan dan keinginan, Teori produksi, Konsumsi dan Distribusi, Mekanisme pasar, Transportasi, peranan pemerintah dalam perekonomian,  kebijakan moneter,  fungsi uang, uang palsu, riba, Kegiatan ekonomi, etika bisnis dan lain lain-lain.
Sungguhpun demikian, kita harus mengakui bahwa apa yang diberikan oleh al-Ghazali dalam Ihya’ Ulum al-Din’  bukanlah survey lengkap dalam kajian ekonomi. Tetapi upayanya dalam mengedapankan norma dan etika  (Syariah) untuk mewujudkan kesejahteraan umat (maslahah) sebagai visi ekonomi al-Ghazali, merupakan bagaian esensial dalam mengarahkan ekonomi yang lebih etis, manusiawi dan ber-keadilan. Visi  ekonomi al-Ghazali masih sangat memungkinkan untuk dikembangkan dimasa sekarang dan mendatang.
Kajian ini telah direvisi, dari sebelumnya berupa tesis berjudul.”  Pemikiran Ekonomi al-Ghazali: Telaah kita Ihya’ Ulum al-Din” kemudian menjadi sebuah  Buku “ Ekonomi al-Ghazali; Menleusuri Konsep Ekonomi Islam dalam Ihya’ Ulum al-Din”. Karya tersebut penulis pertahankan dalam ujian tesis dihadapan penguji tesis IAIN Sunan Ampel Surabaya pada tanggal 12 Pebruari 2004, penulis selesaikan tercepat (dalam tiga semester) sebagai persyaratan untuk mendapatkan gelar Magister Ekonomi Islam ( M.E.I).


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 8+3+0

Copyright 2017 ProdukMurah.net | Grosir murah | Barang murah All Rights Reserved